Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Pendinginan Pasar Klewer Hingga Sore

Kompas.com - 29/12/2014, 13:23 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com - Setelah hampir dua hari dilalap si jago merah, 10 persen kondisi Pasar Klewer luluh lantak hanya tinggal puing-puing sisa kebakaran. Beberapa titik terutama di lantai dua masih mengepulkan asap dan bau menyengat tercium keras ketika berada di sekitar lokasi.

Setelah dinyatakan padam pada Senin pagi tadi sekitar pukul 06.30, petugas pemadan melakukan proses pendinginan hingga sore nanti. Proses pendinginan tersebut dilakukan petugas pemadam untuk memastikan tidak ada lagi titik api diam yang berada di kompleks Pasar Klewer.

Pendinginan dilakukan dengan menyemprot semu bangunan baik bagian luar maupun dalam pasar. "Kita lakukan pendinginan agar api tidak muncul lagi. Kita lakukan secara bertahap dan kemungkinan sore nanti sudah selesai, kata Eko Nugroho, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Solo pada hari Senin (29/12/2014).

Dari pengamatan Kompas.com di lokasi, mobil pemadam kebakaran masih lalu lalang di lokasi kebakaran. Satu per satu mobil pemadam menyemprotkan air beberapa titik.

Eko mengatakan bahwa kendala utama dalam proses pendinginan adalah kondisi angin. Selama angin berhembus kencang saat pendinginan sulit dilakukan.

"Kendalanya adalah angin kencang. Apabila angin kencang sulit dilakuan pendinginan," kata Eko.

Bau menyengat di sekitar lokasi membuat petugas pemadam dan keamanan serta warga mengenakan masker untuk mengurangi asap yang mengepul di sela-sela bangunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com