Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rencana Akselerasi Pembangunan di Kalimantan Utara

Kompas.com - 24/12/2014, 14:22 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pejabat Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengatakan, Kaltara perlu melakukan langkah cepat untuk membangun provinsi yang baru terbentuk itu. Oleh karena itu, Irianto melakukan pertemuan dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago dan jajaran Bappenas untuk memaparkan rencana pembangunan di wilayah Kaltara pada 2015.

"Kami harus akselerasi, tapi itu kan butuh biaya. Untuk bisa dapat biaya yang bagus, kita harus punya rencana yang matang," ujar Irianto di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (23/12/2014).

Dalam pemaparan tersebut, kata Irianto, ia mengajukan pembangunan infrastruktur seperti jalan raya dan jembatan di perbatasan, sarana dan prasarana kesehatan, serta pembenahan infrastruktur pendidikan. Irianto pun meminta pemerintah memprioritaskan pembangunan Tanjung Selor sebagai pusat pemerintahan Kaltara.

"Oleh Bapak Menteri (Andrinof) dimasukkan sebagai salah satu prioritas untuk sepuluh kota baru di Indonesia," kata Irianto.

Untuk pembangunan Tanjung Selor, kata Irianto, pemerintah provisi telah membuat masterplan pengembangannya. Begitu pula dengan rencana pembangunan bandara di Tarakan.

"Sudah ada lampu hijau presiden dan dalam berita acara substansi RPJMN (rencana pembangunan jangka menengah nasional). Kalau sudah masuk RPJMN otomatis akan dibiayai," ujar Irianto.

Namun, ia enggan menyebutkan besaran anggaran yang dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan Kaltara. Irianto mengatakan, rencana pembangunan beserta anggaran telah masuk  dalam berita acara RPJMN periode 2015-2019.

"Saya tidak ingin bicara soal angka. Kuta harap dari usulan nanti ada pembiayaan yang konkrit," kata Irianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com