Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

763 Rumah di Gresik Terendam Banjir

Kompas.com - 20/12/2014, 14:54 WIB
GRESIK, KOMPAS.com — Sedikitnya 763 rumah di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Sabtu (20/12/2014), tergenang banjir akibat hujan yang terus mengguyur wilayah setempat mulai Jumat (19/12/2014).

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik, ratusan rumah itu berada di 16 desa di dua kecamatan, yakni Balongpanggang dan Kecamatan Benjeng.

Untuk Kecamatan Balongpanggang, air menggenangi sejumlah desa, yakni Desa Wotansari, Sekarputih, Banjaragung, Pucung, Balongpanggang, Kedungpring, dan Karangsemanding.

Sementara itu, di Kecamatan Benjeng, banjir menggenangi delapan desa, masing-masing Desa Sedapurklagen, Deliksumber, Kedungrukem, Munggugianti, Lundo, Kalipadang, Bulurejo, dan Karangan Kidul.

Camat Benjeng Suryo Wibowo mengatakan, kerugian akibat banjir belum bisa disebutkan secara pasti karena masih dilakukan pendataan.

"Saat ini masih kami data karena keadaan bisa saja berubah," katanya.

Selain itu, banjir juga menggenangi sejumlah pusat perbelanjaan, seperti Pasar Benjeng, yang terletak di Desa Bulurejo dengan ketinggian air sampai pinggang orang dewasa.

Sebelumnya, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto telah memerintahkan petugas BPBD Gresik untuk menyiapkan sejumlah peralatan evakuasi dengan perahu karet serta bantuan sembako untuk konsumsi korban banjir.

"Karena kami sudah menerima tanda-tanda banjir datang, sejak tadi malam kami sudah perintahkan BPBD Gresik untuk menyiapkan segala sesuatunya, baik tim evakuasi dengan perahu karet serta bantuan sembako untuk konsumsi korban banjir," katanya.

Sementara itu, hingga kini, sejumlah tim gabungan melakukan evakuasi dan pengungsian. Sebab, banjir, khususnya di Kecamatan Benjeng, sudah memutus arus lalu lintas utama di wilayah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com