Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Baru, 2.015 Obor dan Lampion Akan Hiasi Kaliurang

Kompas.com - 17/12/2014, 13:22 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Obyek wisata Kaliurang bisa menjadi pilihan untuk malam pergantian tahun 2015. Dalam rangka menyambut tahun baru, obyek wisata alam yang terletak tepat di lerang Gunung Merapi ini akan disulap penuh cahaya obor.

Bahkan, para wisatawan akan disambut dengan ratusan cahaya dari obor yang dipasang mulai dari Jalan Utama Kaliurang.

"Ada 2.015 obor yang akan dipasang di sepanjang jalan utama dan seluruh kawasan obyek wisata kaliurang," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmi Dewi, Rabu (17/12/2014).

Ayu menuturkan, jumlah obor itu diambil dari tahun yang baru, sedangkan cahaya obor menjadi simbol semangat baru. Dengan demikian, lanjut Ayu, seremoni itu menunjukkan semangat menjalani hidup di tahun yang baru.

Tak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan terpasangnya ratusan lampion dari gerbang utama masuk obyek wisata Kaliurang sampai dengan Telaga Putri.

"Ada Festival Lampion, nanti akan ada penilaian dari juri juga. Lampion akan dipasang dari pintu masuk sampai Telaga Putri," tegasnya.

Selain itu, untuk memeriahkan malam pergantian tahun diadakan pula kirab budaya tradisi masyarakat kaliurang. Kirab budaya ini akan di ikuti oleh komunitas-komunitas masyarakat lereng Merapi khusunya Kaliurang.

Malam kirab budaya tradisi akan mulai dari Tugu Udang Kawasan Obyek Wisata Kaliurang melewati jalan utama dan berakhir di Telaga Putri.

"Ada 10 komunitas yang akan mengikuti kirab malam pergantian tahun di Kaliurang," ucapnya.

Selama libur Natal dan tahun baru, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman menargetkan 325.000 wisatawan akan berkunjung ke setiap destinasi wisata. Sementara itu, selama libur natal dan tahun baru tahun lalu, destinasi wisata di Sleman dikunjungi setidaknya 631.074 wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com