Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,7 SR Guncang Kota Manado

Kompas.com - 09/12/2014, 11:12 WIB
MANADO, KOMPAS.com — Gempa bumi berkekuatan 5,7 pada skala Richter mengguncang Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (9/12/2014) pukul 11.09 Wita.

"Titik gempa ini masih terjadi di lokasi yang sama, yakni Halmahera, Laut Maluku, dengan lokasi 1.62 LU - 126.32 BT, dengan kedalaman 10 km dan 130 km Timur Laut," kata Staf Operasional Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara, Fandy, di Manado, siang tadi.

Gempa kali ini, kata dia, tidak berpotensi tsunami dan merupakan gempa susulan dari kejadian lalu. "Dengan adanya gempa berkekuatan 7,3 SR pada tanggal 15 November 2014 lalu, maka sampai saat ini belum stabil," kata dia.

Fandy meminta masyarakat tidak termakan isu-isu negatif karena gempa ini tidak berpotensi tsunami. "Masyarakat tidak perlu khawatir karena gempa ini tidak berbahaya dan tetap melakukan aktivitas sebagaimana biasa," kata dia.

Sebelumnya, pada 15 November 2014, gempa bumi berkekuatan 7,3 pada skala Richter mengguncang Kota Manado pada pukul 10:31:40 Wita. Gempa di kedalaman 10 kilometer itu berpotensi menimbulkan tsunami baik di Bitung maupun Manado.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com