Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa dan KPA NTT Gelar Lomba Posting Tentang AIDS Via Facebook

Kompas.com - 01/12/2014, 06:48 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis


KUPANG, KOMPAS.com - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bekerja sama dengan mahasiswa magang Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, menggelar lomba posting via Facebook, dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia, 1 Desember 2014 besok.

Pengelola Program KPA NTT, Gusti Brewon kepada Kompas.com, Minggu (30/11/2014) malam, mengatakan, lomba posting melalui facebook tersebut yakni dengan menaikan status yang menuangkan ide kreatif, argumen, pendapat, maupun pemikiran serta foto Selfie yang berkaitan dengan HIV dan AIDS.

“Kita di KPA NTT coba mengoptimalkan jejaring sosial dalam hal ini Facebook untuk berbagi informasi HIV AIDS dan di hari AIDS se-dunia ini, kita bekerja sama dengan mahasiswa magang FKM Undana mencoba melakukan sesuatu yang baru dengan menuangkan ide-ide kreatif dalam bentuk lomba yang melibatkan publik. Daripada Facebook hanya digunakan untuk marah-marah atau berkeluh kesah, lebih baik digunakan untuk hal yang positif,” kata Gusti.

Tujuan diadakan lomba ini kata Gusti, agar publik bisa ikut terlibat dalam upaya penanggulangan HIV AIDS. Dengan melibatkan publik, diharapkan isu HIV AIDS bisa lebih mudah dimengerti dan lebih cepat sampai di publik karena Facebook adalah alat yang paling efektif untuk mengajak masyarakat terlibat lantaran sifatnya yang interaktif.

Adapun syarat untuk mengikuti lomba postingan itu menurut Gusti, sangatlah mudah. Peserta tinggal berteman dengan panitia (mahasiswa magang FKM Undana) dan KPA NTT, melalui Facebook dan selanjutnya tinggal menaikan status dalam bentuk ide kreatif yang berkaitan dengan HIV AIDS.

Dalam lomba ini, yang keluar sebagai pemenang yakni status yang paling banyak disukai atau likes terbanyak. Saat posting status yang dinaikan di Facebook, juga harus menandai Komisi Penanggulangan AIDS NTT dan Novan Cs (panitia) demi kenyamanan panitia dalam memantau setiap peserta lomba.

Batas waktu pendaftaran lomba ini yakni MInggu, 30 November 2014 Pukul 23.00 Wita, sementara lomba akan dimulai tepat pukul 24.00 Wita sampai dengan pukul 17.00 Wita besok sore. Adapun hadiah yang akan diberikan yakni untuk juara I berupa uang tunai sebesar Rp 350.000, juara II Rp 200.000, juara III Rp 150.000 dan juara IV Rp 100.000 Menurut Gusti setiap peserta lomba harus mencantumkan nama, nomor telepon seluler, asal, nomor rekening Bank (bagi yang di luar Kota Kupang ) pada dinding Facebook KPA NTT.

”Pemenang akan diumumkan di akun Facebook KPA NTT dan panitia. Bagi pemenang yang berada di Kota Kupang, maka akan mengambil sendiri hadiahnya di pos kegiatan hari AIDS sedunia, di Tedys, Kupang. Sementara pemenang yang berada di luar Kupang, akan dikirim hadiahnya melalui nomor rekening bank pemenang yang sudah tersimpan saat pendaftaran,” jelas Gusti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com