Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Timbun Rumah di Bandung Barat, Seorang Bocah Tewas Terkubur

Kompas.com - 24/11/2014, 21:10 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Hujan deras yang berlangsung sejak Senin (24/11/2014) siang tadi, mengakibatkan longsor di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Satu rumah di Kampung Cililin Timur, Desa Cililin, Kecamatan Cililin, rusak berat tertimbun benteng dan tanah longsor. Seorang bocah, Yusril (5) tewas akibat terkubur longsor yang menimpa rumahnya.

Selain korban tewas, longsor juga menyebabkan satu orang terluka, yakni Ucup Supriadi (35), ayah dari Yusril. Sementara istri Ucup, Lia (26) dalam bencana itu.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Muhammad Pakih saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (24/11/2014) malam.

"Yang tewas itu anaknya, yang luka berat ayahnya, ibunya tidak apa-apa, hanya shock saja. Ayah dan anak itu sama-sama tertimbun benteng dan tanah yang longsor selama 2 jam. Kami melakukan evakuasi, alhamdulillah Pak Ucup bisa terselamatkan karena hanya tertimbun dari bagian dada ke kaki saja. Dia (Ucup) masih bisa bernafas, sementara anaknya enggak bisa bertahan karena tertimbun," papar Pakih.

Pakih menjelaskan, hujan deras di Kabupaten Bandung Barat terjadi sejak pukul 14.00 WIB. Pada pukul 16.30 WIB, tebing di Kampung Cililin Timur longsor menimpa rumah milik keluarga Ucup.

"Jadi, ada tebing benteng, mungkin tebing ini sudah tidak kuat menahan dan hujan masuk ke tanah, dan benteng itu roboh bersama tanah menimpa rumah tersebut," kata Pakih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com