Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Gunung Raung Naik Menjadi Waspada

Kompas.com - 13/11/2014, 16:43 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Status Gunung Raung yang berada di Kabupaten Jember, Bondowoso dan Banyuwangi meningkat dari normal menjadi waspada. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Hendrasto kepada Kompas.com, Kamis (13/11/2014) mengatakan, status Gunung Raung berubah menjadi waspada sejak Kamis pukul 09.00 WIB.

"Sejak Selasa malam tanggal 11 November ada peningkatan jumlah gempa tremor. Tercatat sejak jam 9 malam. Asap juga mulai terlihat berubah menjadi putih kecoklatan. Saat ini kami merekomendasikan agar masyarakat serta pendaki tidak memasuki radius bahaya 2 kilometer dari puncak Gunung Raung," jelasnya.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Kabid Logistik Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Banyuwangi, Eka Muharram mengaku telah menerima pemberitahuan terkait peningkatan status Gunung Raung menjadi waspada. Rencananya, BPBD akan segera menyosialisasikan kepada masyarakat yang berada di sekitar Gunung Raung.

"Akan segera disosialisasikan walaupun permukiman yang terdekat jaraknya cukup jauh dari puncak Gunung Raung, agar masyarakat tetap waspada," jelasnya.

Sebelumnya Gunung Raung sempat berstatus waspada pada September 2013 lalu dan turun kembali menjadi normal. Saat ini, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, terdapat 16 gunung, termasuk Raung, yang berada pada level waspada.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com