Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Panjat Pagar Sebelum Tembak Mobil Amien Rais

Kompas.com - 07/11/2014, 11:54 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pelaku teror di rumah mantan Ketua MPR, Amien Rais, sempat memanjat pagar sebelum melepaskan tembakan ke arah mobil Toyota Harier yang diparkir di garasi.

Kesimpulan ini muncul berdasarkan olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan oleh tim Laboratorium Forensik di rumah Amien Rais. "Tembakan berasal dari barat laut," ujar Kepala Bidang Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti, Jumat (7/11/2014).

Kesimpulan ini didapat berdasarkan temuan selongsong peluru di depan pagar kediaman Amien Rais yang berjarak 925 cm dari mobil, dan 130 cm dari pagar. Sementara itu, analisis setelah garis ditarik dari lubang peluru di mobil menunjukkan probabilitas posisi penembak berada di ketinggian 205 cm dengan sudut tembakan 35 derajat di jarak 925 cm.

Hal ini menunjukkan bahwa pelaku memanjat pagar saat menembak. "Diduga, pelaku memanjat pagar. Kesimpulan ini didukung dengan ditemukannya selongsong di depan pagar," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, penembakan terjadi di rumah Amien Rais di Pandeansari Blok 2 Nomor 3, Condongcatur, Depok, Sleman, pada Kamis (6/11/2014) dini hari.

Sebuah selongsong ditemukan dengan kondisi bagian bibir rusak. Hal ini pun menunjukkan bahwa senjata api yang digunakan bukan tipe standar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com