Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Pesawat Latih Dihentikan Sementara

Kompas.com - 30/10/2014, 22:52 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com — Pencarian pesawat latih jenis Liberti XL2 C/S PK-LLC milik Lombok Institute Flight Technology (Lift) yang hilang kontak sekitar pukul 10.30 Wita di sekitar Pulau Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), dihentikan sementara.

"Pencarian untuk saat ini dihentikan sementara dan akan dilanjutkan kembali esok hari," kata Kepala Basarnas Mataram, Budiawan, Kamis (30/10/2014).

Hingga malam ini, petugas Basarnas terus memantau dan mengumpulkan data-data serta informasi yang diperoleh dari masyarakat untuk mempermudah pencarian pesawat latih yang hilang.

Menurut Budiawan, pencarian pesawat kembali akan dilanjutkan besok dengan memperluas radius pencarian, baik melalui udara maupun laut, dengan kecepatan sekitar 5-10 knot NM.

Pesawat latih hilang kontak dengan Bandara M Kaharuddin, Brang Biji, Sumbawa, sekitar pukul 10.30 Wita. Pesawat itu hilang kontak di titik koordinat 08 derajat 20 menit, 09,8 south-117 derajat, 32 menit, 41,5 east. Menurut data yang dihimpun sementara, pesawat diperkirakan jatuh pada jarak 30,9 derajat ke arah timur Pulau Moyo.

Pesawat latih ini berangkat dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Sumbawa ke Pulau Moyo dan kembali Sumbawa. Menurut informasi, pukul 11.30 Wita, seharusnya pesawat ini landing di Sumbawa, tetapi pada pukul 11.25 Wita, pesawat sudah hilang kontak dengan menara bandara.

Hingga saat ini, nasib dua penumpang yang berada di dalam pesawat masih belum jelas. Pesawat latih yang berangkat dari Lombok ke Sumbawa diketahui berpenumpang Kapten Boon, warga negara asing (WNA) asal Singapura, dan satu siswa atas nama R Zaki.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com