Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Dinasnya Sering Mogok, Soekarwo Mengeluh

Kompas.com - 24/10/2014, 19:50 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengeluh karena mobil dinasnya jenis Toyota Land Cruiser V8 keluaran 2002 sering mogok. Namun dia menolak pengadaan mobil baru tahun ini karena mobil yang memiliki kapasitas engine 4.500 cc itu dinilainya masih layak pakai.

"Sebenarnya sudah dianggarkan tahun ini, tapi saya hapus, karena mobil ini meskipun sering mogok, tapi masih enak dan layak dipakai," katanya, Jumat (24/10/2014) sore.

Soekarwo menceritakan, terakhir mogok, mobil berwarna hitam yang sudah 12 tahun dipakai itu saat dia mengunjungi acara di Jombang bersama Menteri Pekerjaan Umum.

"Saya langsung pindah mobil Kijang di belakang saya," tambahnya.

Selain kerap mogok, jok kursinya kata Soekarwo sudah "kempes". Biro perlengkapan pemerintah Jawa Timur sebenarnya juga telah mengganti beberapa onderdil kendaraan, tapi karena usia dan jam terbangnya sudah terlalu lama, mobil tersebut jadi sering mogok.

Tahun ini, Pemprov Jatim mengadakan pembelian mobil dinas baru, tapi bukan untuk mobil dinas gubernur melainkan untuk mobil dinas empat asisten dan untuk mobil dinas Sekretaris Daerah.

"Kasihan mobil yang dipakai mereka bekas mobil pimpinan DPRD," terang Soekarwo.

Total harga perkiraan sendiri pengadaan lima unit mobdin jenis sedan yang dilelang itu Rp 2.135.500.000. Empat mobil 1.800 cc, masing-masing Rp 389 juta dan satu mobil 2.400 cc, Rp 579,5 juta.

Sejatinya, Gubernur dan wagub Jatim tahun ini mendapat jatah mobil dinas baru jenis Toyota Land Cruiser 4.461 cc senilai Rp 1,9 miliar (kelas full specification). Begitu pula, Wagub Saifullah Yusuf juga mendapat mobil baru Toyota Land Cruiser senilai Rp 1,5 miliar (kelas standar), tapi dibatalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com