Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Bersamaan dengan Kebakaran, 10 Rumah Rata dengan Tanah

Kompas.com - 08/10/2014, 09:58 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

SOE, KOMPAS.com - Sebanyak 10 unit rumah di Desa Nifukani, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), rata dengan tanah setelah dihantam angin puting beliung yang disertai dengan kebakaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT Tini Tadeus, Rabu (8/10/2014) pagi mengatakan kejadian tersebut berlagsung, Selasa (7/10/2014) kemarin.

“Kejadian puting beliung dan saat bersamaan rumah terbakar sebanyak 10 unit milik 12 kepala keluarga dan 45 jiwa. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu karena seluruh penghuni rumah sementara berada di kebun. Api merambat begitu cepat karena konstruksi rumah berdinding bambu dan beratap ilalang,” kata Tadeus.

Kejadian itu, kata Tadeus bermula dari kebakaran di rumah milik salah satu warga. Namun ketika hendak dipadamkan, tiba-tiba angin puting beliung datang sehingga kobaran api pun menyambar rumah lainnya.

“BPBD Kabupaten TTS sudah ke lokasi untuk memberikan bantuan emergensi atau tanggap darurat berupa pembangunan posko dan pemberian bantuan kebutuhan dasar (beras, makanan siap saji, alat masak, terpal dan sebagainya) dan bersama masyarakat lainnya membantu para korban,” kata Tadeus.

Hingga saat ini, dia belum mendata jumlah kerugian material yang diakibatkan dari kejadian itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com