Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendak Shalat Id, Syamsu Meninggal Dunia di Masjid Bengkulu

Kompas.com - 05/10/2014, 13:18 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Syamsu Azwar (60), warga Kota Bengkulu, meninggal dunia saat hendak melaksanakan shalat Idul Adha Masjid Baitul Izzah, Minggu (5/10/2014). Syamsu wafat ketika tiba di masjid sebelum melaksanakan ibadah shalat id.

Sebelum meninggal dunia, Syamsu sempat tidak sadarkan diri ketika shalat hendak dimulai. Jemaah yang mengetahui kejadian itu langsung menggotong dan membawanya ke rumah sakit Kota Bengkulu. Namun, jiwanya tak tertolong.

Kejadian itu sempat menyita perhatian ribuan jemaah di masjid tersebut. Seusai shalat, petugas masjid mengumumkan bahwa Syamsu telah meninggal dunia saat dibawa ke rumah sakit. "Warga yang pingsan di masjid tadi, saat ini sudah tutup usia," kata salah seorang pengurus Masjid Baitul Izzah.

Imam masjid Rusli M Daud mengatakan, kejadian ini baru pertama kali terjadi selama ia menjadi imam di masjid tersebut. "Jemaah yang meninggal dunia itu, sebenarnya sedang (menjalani) rawat, tapi dia memaksakan diri untuk shalat. Saat tiba di masjid, dia pingsan dan dibawa ke rumah sakit, tak lama kemudian dia tutup usia," jelas Rusli.

Keluarga Syamsu mengatakan bahwa Syamsu dalam keadaan sakit. Namun, korban tetap memaksakan diri untuk shalat.

Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah yang mengetahui kejadian itu mendatangi rumah duka. Junaidi bertindak selaku imam dalam shalat jenazah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com