Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Lima Jam untuk Padamkan Kobaran Api di Pasar Induk Bondowoso

Kompas.com - 12/09/2014, 10:53 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Pemadaman kobaran api yang menghanguskan Pasar Induk Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, memakan waktu lima jam. Banyaknya hidran yang tidak berfungsi, membuat petugas kesulitan untuk segera melakukan proses pemadaman.

“Sekitar pukul 23, kami dapat laporan bahwa terjadi kebakaran di pasar induk. Kami pun langsung bergegas ke lokasi kejadian. Karena kobaran apinya sangat besar, kami pun meminta bantuan ke BPBD Jember dan Situbondo,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, Supriyadi, Jumat (12/9/2014).

Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.00 pagi tadi, setelah 10 unit mobil pemadam kebakaran diturunkan. “Totalnya ada 10 unit, itu sudah dari Situbondo, Jember, dan PG Pradjekan,” kata dia.

Meski sudah padam, petugas masih terus melakukan pembasahan di lokasi kejadian. Karena masih terlihat percikan api di kios-kios yang terbakar. “Kami terus melakukan pembasahan sampai apinya benar-benar padam,” ungkap Supriyadi.

Mengenai apa penyebab kebakaran tersebut, BPBD belum berani memastikan, dan masih dalam proses penyelidikan polisi. “Kami belum tahu apa penyebabnya, ini masih dilakukan penyelidikan,” kata Supriyadi.

Seperti diberitakan, kebakaran besar terjadi di Pasar Induk Kabupaten Bondowoso, Jumat dinihari tadi. Akibat peristiwa itu, seluruh isi pasar ludes terbakar. Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com