Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Bus Gratis untuk Pelajar, Kota Bandung Raih Penghargaan

Kompas.com - 10/09/2014, 17:39 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Kota Bandung meraih Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) dalam bidang angkutan dan lalu lintas kategori Kota Metropolitan. Penghargaan ini adalah penghargaan kali keempat yang diterima Kota Bandung setelah tiga tahun ke belakang meraih piala yang sama dalam bidang yang berbeda.

Pada tahun 2011, Kota Bandung menerima Piala WTN dalam bidang angkutan dan lalu lintas. Di tahun 2012 dan 2013, Kota Bandung menerima Piala WTN dalam bidang angkutan. Penghargaan tersebut diterima oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, yang diserahkan oleh Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan, pada acara pemberian penghargaan dan pembukaan pameran transportasi di gedung SMESCO, Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, berharap, penghargaan yang diraih tersebut dapat lebih memotivasi lagi Pemerintah Kota Bandung dalam upaya perbaikan di bidang transportasi dan angkutan. Dia pun bersyukur dengan prestasi tersebut.

"Ada tidak ada penghargaan, perbaikan pelayanan kita terus tingkatkan. Apabila dapat apresiasi berupa penghargaan ya, Alhamdulillah," kata Emil seperti dikutip dari siaran pers Diskominfo Kota Bandung, Rabu siang.

Penghargaan tersebut diberikan atas dasar penilaian terhadap Kota Bandung yang dianggap berhasil dalam upaya membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, serta meningkatkan kinerja penyelenggaraan transportasi perkotaan.

Salah satu program transportasi yang mendukung keberhasilan tersebut adalah bus Damri gratis untuk anak sekolah setiap hari Senin dan Kamis.

"Salah satu perbaikan transportasi umum yang kemudian menjadi inspirasi bagi daerah lain adalah, senin dan kamis gratis bagi pelajar yang naik bis damri," ungkapnya.

Emil menambahkan, Pemkot Bandung telah dan akan melakukan berbagai upaya untuk perbaikan pelayanan transportasi umum, untuk mewujudkan peningkatan penggunaan sarana transportasi umum oleh warga Kota Bandung.

"Dalam waktu dekat akan ada 30 bus Damri baru menggantikan bus-bus damri yang sudah tidak layak jalan," tambahnya kemudian.

Ke depannya, Ridwan Kamil juga berencana bus damri yang beroperasi di Kota Bandung akan dilengkapi dengan wifi.

"Perbaikan untuk pelayanan kepada masyarakat akan terus kita perbaiki," pungkasnya.

Selain bus damri yang baru, dalam hal perbaikan transportasi umum Pemkot Bandung juga dalam persiapan lelang proyek monorail Kota Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com