Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Penipu Berkedok Petugas PDAM

Kompas.com - 04/09/2014, 12:48 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com — Direktur PDAM Kota Magelang Hery Wibowo mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap seseorang yang menawarkan produk anti-nyamuk dan penjernih air dengan kedok petugas PDAM.

Hal ini disampaikannya menyusul kasus pencurian di salah satu rumah warga di Jalan Ali Basah Sentot Cacaban belum lama ini. Harta benda berkisar jutaan rupiah raib dibawa kabur pelaku yang mengenakan seragam PDAM.

"Oknum ini menawarkan penjernih dan anti-nyamuk kepada pelanggan PDAM. Tapi, justru ketika pemiliknya lengah, mereka menggasak harta benda korban," kata Hery, Kamis (4/9/2014).

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada warga untuk waspada terhadap modus aksi kriminal semacam ini. Menurut dia, petugas PDAM selalu membawa surat tugas dan pakaian resmi bila hendak memeriksa kondisi air di rumah para pelanggan.

"Petugas kami selalu disertai surat. Jadi, jika ada kasus semacam ini lagi, saya harap warga bisa tanyakan surat itu," imbuh dia.

Hery juga meminta warga untuk tidak segan melaporkannya ke PDAM Kota Magelang atau pihak berwajib apabila mendapati kejadian tersebut. Hingga kini, jajaran Polres Magelang Kota belum mengungkap pelaku pencurian berkedok petugas PDAM itu.

Sebelumnya, pelaku yang berjumlah tiga orang ini berhasil menggasak perhiasan dan dokumen penting berkisar puluhan juta rupiah, milik pengusaha etnis Tionghoa di Cacaban, beberapa bulan yang lalu.

"Kami masih melakukan penyelidikan dan pengembangan kasus untuk memburu pelaku ini. Sejumlah indikasi yang merujuk ke identitas pelaku sedang kami dalami," ujar Kasubag Humas Polres Magelang Kota AKP Esti Wardiani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com