Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Ungkap Sindikat Pencurian Truk Berkat Gambar "Hello Kitty"

Kompas.com - 19/08/2014, 22:48 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com — Tim Polrestabes Semarang mengamankan dua pelaku pencurian spesialis truk dan bak terbuka, Mustam (49) dan Muhammad Zaenal (25). Mereka dicokok dari persembunyiannya di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Belakangan diketahui, keberhasilan polisi menemukan pencuri truk itu di Jepara berasal dari pelacakan base-station transmitter (BST) ponsel milik salah satu kernet, yang tertinggal di truk. Setelah pelacakan BST, polisi menemukan lokasinya, dan langsung bergegas menuju Jepara.

Namun, setelah berada di Jepara, tim gabungan polisi ini masih belum berhasil menemukan truk tersebut. Setelah hampir putus asa di Jepara, tim melihat truk yang terparkir dengan ciri-ciri gambar Hello Kitty di badan mobil tersebut. Sebelumnya, polisi mengantongi ciri-ciri truk yang hilang, yakni salah satunya bergambar Hello Kitty.

Setelah melihat truk bergambar Hello Kitty, petugas pun akhirnya yakin bahwa itu adalah truk yang selama ini dicari.

“Kami semula mendapatkan laporan kehilangan truk dari sopir dan kernet pada pukul 05.00 sore. Pada pukul 07.00 pagi, kami lacak dan temukan truk itu sudah di Jepara. Setelah itu, tim bergegas ke sana dan cari agak lama, tidak ketemu. Baru pada sore harinya ketemu, setelah melihat truk ada gambar Hello Kitty," ujar Kapolsek Genuk, Semarang, AKP Ifan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/8/2014) malam.

Menurut Kapolsek Genuk, setelah menemukan truk tersebut, tim masih belum menemukan pencurinya. Pencuri truk baru ditangkap setengah jam kemudian saat kendaraan tersebut diisi muatan.

"Itu langsung kami tangkap di sana. Kami juga kembangkan dan dapat satu lagi temannya. Setelah itu, kami bawa ke Semarang untuk proses selanjutnya," kata AKP Ifan.

Proses penangkapan dua pelaku pencurian truk itu berjalan cukup singkat. Polisi membutuhkan waktu 20 jam untuk bisa menangkap para pelaku.

"Dari laporan hari Jumat, hari Minggu sudah kami temukan dan lengkap dengan perkembangan kasusnya," tambahnya.

Para pencuri truk ini dalam aksinya menggunakan kunci T. Keduanya kemudian diperkenalkan kepada media, Selasa siang, di Mapolrestabes Semarang, lengkap dengan barang bukti truk bergambar "Hello Kitty" dan sejumlah kunci T.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com