Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Amankan Jakarta, Polda Jatim Kirim Dua Kompi Brimob

Kompas.com - 19/08/2014, 16:43 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau setara 210 pasukan satuan Brimob Polda Jatim dikirim ke Jakarta, Selasa (19/8/2014). Mereka diperbantukan untuk mengamankan ibu kota menjelang hari putusan sengketa pilpres oleh Mahkamah Konstitusi (MK), 21 Agustus mendatang.

Mereka berangkat dari stasiun Pasar Turi Surabaya pukul 15.30 WIB, dan diperkirakan sampai di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (20/8/2014) pukul 04.00 pagi hari.

"Kemarin peralatan pengamanan seperti tenda dan sebagainya sudah dikirim menggunakan truk," kata Kapolda Jatim, Irjen Polisi Unggung Cahyono seusai upacara pelepasan di Stasiun Pasar Turi.

Kata Unggung, anggota Brimob yang memiliki keahlian Pasukan Huru-hara (PHH) dan anti-anarkistis itu akan bertugas pengamanan di area sekitar Monas.

"Mereka bertugas hingga 24 Agustus mendatang, dan sudah kembali ke satuannya di Mapolda Jatim pada 25 Agustus," jelasnya.

Dalam sambutannya, Unggung berpesan agar para pasukan mengedepankan upaya persuasif, simpatik, dan humanis dalam upaya pengamanan ibu kota.

Di Jatim sendiri, pengamanan menjelang putusan sidang MK terkait sengketa pilpres sudah dilakukan sejak hari ini. Bahkan Polda Jatim meningkatkan status siaga Jatim menjadi siaga 1.

Sejumlah daerah potensi rawan gangguan kamtibmas, pengamanannya dilipatgandakan, seperti Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, Madura, Malang, Bojonegoro, Banyuwangin, dan Bondowoso, ditempatkan 11 SSK satuan Brimob dilapis satuan Sabhara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com