Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Razia ISIS, Polisi Ciduk 8 Remaja dari Kamar Kos

Kompas.com - 13/08/2014, 13:34 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Anggota kepolisan Polsek Giri Banyuwangi mengamankan delapan remaja di dalam kamar kos, saat melakukan razia anggota ISIS di wilayah Banyuwangi Rabu (13/8/2014).

"Satu pasangan laki-laki perempuan dalam satu kamar. Mereka tidak bisa menunjukkan identitas jika suami istri. Sedangkan di kos yang berbeda, satu perempuan dengan lima remaja laki-laki ditemukan dalam satu kamar, dan ditemukan juga minuman keras di dalam bekas botol air mineral," kata Kepala Polsek Giri, Iptu Mujiono, siang tadi.

Mujiono mengatakan, razia di tempat kos kali ini memang digelar untuk menangkal masuknya anggota ISIS di wilayah Banyuwangi. "Di setiap kamar kos kami geledah untuk mencari benda-benda yang mencurigakan, seperti simbol dan bendera ISIS serta mendata mereka yang bukan penduduk tetap. Tapi tidak ditemukan barang-barang yang mengarah ke gerakan radikalisme," tambah dia.

Mujiono mengaku polisi akan terus melakukan operasi terhadap tempat kos di wilayah kerjanya dengan merangkul berbagai elemen, termasuk dari pihak Koramil dan juga pihak kecamatan. "Untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dan mencegah gerakan radikalisme masuk ke masyarakat," kata Mujiono.

Sementara itu, Titi (18), salah satu remaja yang ditangkap, di hadapan polisi mengaku sebagai warga Jember dan baru dua hari di Banyuwangi. "Saya hanya main saja di kosan temen," kata perempuan berbaju kuning tersebut sambil menundukkan kepala.

Titi juga mengaku tidak melakukan hal yang salah selama berada di dalam kos, walaupun ia bersama dengan lima remaja laki-laki. "Kami hanya teman kok," kata dia.

Ke delapan remaja tersebut akhirnya di bawa ke Polsek Giri untuk didata dan menunggu orangtua mereka menjemput. "Kita data dan kita bina untuk remaja yang telah kita amankan. Akan kita kembalikan jika mereka sudah dijemput oleh orangtuanya," tegas Mujiono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com