Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Induk Sampang Terbakar, Belasan Los Hangus

Kompas.com - 11/08/2014, 21:30 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


SAMPANG, KOMPAS.com
- Pasar Induk Srimangunan yang terletak di jantung kota Sampang, Jawa Timur, terbakar, Senin (11/8/2014). Belasan kios milik pedagang konveksi ludes terbakar.

Kebakaran yang terjadi saat sejumlah los sudah banyak yang tutup itu belum diketahui pasti penyebabnya.

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Srimangunan (IPPS), Amin Muhammad mejelaskan, kebakaran diawali dari blok B. Namun belum diketahui pasti sumber apinya dari los nomor berapa di blok tersebut.

"Tidak ada yang tahu pasti penyebabnya. Tiba-tiba saat pedagang sudah banyak yang tutup karena sudah mau shalat Magrib, kobaran api langsung membesar," terangnya.

Beberapa pedagang, imbuh Amin, yang belum menutup losnya berusaha menyelamatkan barang-barangnya yang satu deret di blok B. Namun bagi los yang sangat dekat dengan titik kebakaran, tetap dibiarkan.

Api cepat membesar karena sebagian besar los berisi konveksi untuk kebutuhan rumah tangga. Tiga mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian. Namun satu jam kemudian, api belum bisa dipadamkan.

Warga sekita pasar ikut membantu memadamkan api menggunakan pipa yang dialirkan dari rumah-rumah mereka.

"Dugaan sementara karena korsleting aliran listrik. Biasanya pedagang sebelum menutup losnya, menghidupkan listrik untuk penerangan di luar los ataupun di dalam los," kata Imam.

Kejadian ini membuat kemacetan arus lalu lintas dari arah Pamekasan menuju Surabaya dan sebaliknya. Untuk sementara, Polres Sampang mengalihkan arus lalu lintas ke arah selatan kota Sampang untuk mengurai kemacetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com