Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Vario "Ditukar" Jaket Doreng...

Kompas.com - 11/08/2014, 03:12 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com - Jumar (50) warga Desa Kuwu RT 1 RW 2, Kecamatan Dempet, Demak, Jawa Tengah, menjadi korban penipuan pria yang mengaku sebagai anggota TNI. Ia pun harus merelakan sepeda motor kesayangannya dibawa kabur oleh lelaki yang diduga tentara gadungan tersebut.

"Pelaku sempat memesan minuman ringan dan nasi sebanyak 35 bungkus untuk teman-temannya di Koramil Gajah," kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Demak, AKP Sutomo, Minggu (10/8/2014). Dia mengatakan penipuan ini terjadi pada Minggu sore.

Menurut Sutomo, kejadian bermula ketika Jumar sedang makan bersama teman-temannya di warung milik Mulyati, warga setempat. Saat itu, Jumar didatangi pelaku yang memperkenalkan diri sebagai anggota TNI yang berdinas di Koramil Gajah, Demak.

Setelah perkenalan tersebut, pelaku meminjam sepeda motor Jumar dengan alasan hendak mendatangi penggilingan padi milik Waroh. Tanpa curiga, Jumar menyarhkan sepda motor Honda Vario hitam bernomor polisi H 5339 PJ miliknya.

Sebelum beranjak, pelaku yang disebut berbadan tegap dan berpotongan rambut cepak laiknya tentara itu menyerahkan jaket doreng kepada Jumar. Namun, lelaki itu tak kunjung datang lagi meskipun waktu sudah berjalan setengah jam.

Jumar pun lalu pergi ke penggilingan padi milik Waroh. Di sana dia tak menjumpai pelaku maupun sepeda motornya. Saat itulah dia menyadari telah tertipu dan langsung melapor ke kepolisian.

"Kami sudah menerima laporan korban. Hingga kini, kasus penggelapan ini masih kita selidiki," ujar Sutomo. "Kami imbau agar masyarakat lebih berhati-hati dan waspada terhadap orang asing yang baru dikenal. Saat ini sering terjadi modus penipuan atau kejahatan dengan berbagai kedok untuk mengelabui calon korbannya," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com