Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap 17 Agustus, Dadang Datang dari Bandung ke Yogya untuk Jual Bendera

Kompas.com - 09/08/2014, 17:20 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Satu minggu jelang HUT Kemerdekaan RI ke-69, penjual bendera merah putih mulai menjamur di pinggir jalan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Meski terbilang usaha musiman, satu orang penjual bendera mampu meraup omset minimal Rp 3 juta.

"Setiap tahun saat jelang 17 Agustus, pasti saya jualan bendera merah putih dan pernak-pernik hiasan HUT," ujar Dadang (31), salah seorang pedagang di Jalan Jenderal Sudirman, Bantul, Sabtu (9/8/2014).

Dadang mengungkapkan dirinya sudah berjualan bendera selama lima tahun. Untuk tahun ini, dirinya menyiapkan bendera ukuran 120 cm X 60 cm lebih banyak karena jenis itu yang paling diburu masyarakat.

"Bendera merah putih ukuran 120cm X 60 cm paling laku. Saya jual dengan harga Rp 30.000," ucapnya.

Dia mengaku datang ke Yogyakarta bersama lima temannya dari Bandung dan mulai berjualan sejak minggu pertama bulan Agustus. Pada 17 Agustus tahun lalu, pemuda asal Bandung ini mampu meraih omset hingga sekitar Rp 5 juta.

"Ini baru mencapai sekitar Rp 3 juta. Tahun ini agak sepi," ungkapnya.

Menurut Dadang, bendera dan pernak-pernik 17 Agustusan yang dijual diperolehnya dari Bandung. Jika dibandingkan dengan Yogyakarta, harga bendera dan pernak-pernik dari Bandung terbilang lebih murah.

"Perjanjiannya, kalau tidak laku bisa dikembalikan. Tapi saya yakin barang yang saya bawa bakalan laku semua. Tahun-tahun sebelumnya sih begitu," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com