Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petilasan Mbah Maridjan Dikunjungi Ribuan Wisatawan

Kompas.com - 01/08/2014, 18:38 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan wisatawan mengunjungi petilasan atau rumah yang pernah ditinggali Mbah Maridjan, mendiang juru kunci Gunung Merapi, di Kinahrejo, Cangkringan, Sleman, selama masa libur Lebaran.

Hingga Jumat (1/8/2014), tercatat setidaknya 2.000 wisatawan berkunjung ke rumah yang luluh lantak tersapu awan panas saat erupsi Merapi tahun 2010 tersebut.

"Kalau yang ke area volcano tour tidak tahu persis jumlahnya. Yang ke sini (petilasan Mbah Maridjan) ya 2.000-an ada," ucap Mursani, menantu Mbah Maridjan, Jumat. 

Mursani adalah istri juru kunci Merapi saat ini, yakni Mas Kliwon Suraksohargo atau yang Mas Asih.

Menurut Mursani, jumlah wisatawan yang berkunjung meningkat sejak Senin (28/7/2014). Puncaknya terjadi pada Rabu (30/7/2014). "Rabu kemarin lebih banyak dibandingkan hari ini," kata Mursani.

Seorang pengunjung dari Bandung, Jawa Barat, Irianto (43), mengaku sudah lama ingin datang ke lereng Merapi, namun baru tahun ini keinginannya itu terwujud. Irianto menyaksikan akibat letusan Merapi 2010 terhadap Kinahrejo melalui televisi.

"Mudik ke Banguntapan, Bantul, terus liburan bersama keluarga dan keponakan. Pilihan utama Kinahrejo," ujar Irianto.

Dia sangat ingin mengunjungi rumah Mbah Maridjan. Di matanya, juru kunci Merapi itu sosok yang bijaksana, rendah hati, dan yang kesetiaannya pada tugas luar biasa.

"Akhirnya terwujud bisa melihat petilasan Mbah Marijan. Mendengar langsung cerita saat erupsi Merapi dari warga," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com