Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Open House" di Solo, Jokowi Didatangi Teman-teman Sekolah

Kompas.com - 30/07/2014, 22:17 WIB
SOLO, KOMPAS.com — Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan bahwa setelah dirinya dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia tidak akan membeda-bedakan masyarakat karena semua mempunyai kesempatan sekaligus harus diperlakukan sama.

"Saya setelah resmi menjadi Presiden RI tidak akan membedakan masyarakat. Saya tetap seperti yang dulu," kata Jokowi, di Solo, Rabu (30/7/2014).

Gubernur DKI Jakarta tersebut mengemukakan, pada acara open house yang digelar di Graha Saba Sumber Solo, Jawa Tengah, itu ternyata masyarakat yang hadir sangat banyak, dan mereka masih mau menggunakan budaya antrean tertib walau mencapai ribuan orang.

"Kami dengan kegiatan open house untuk umum pada Lebaran ini, artinya mengorangkan orang atau budaya saling menghormati akan terus ditanamkan. Masyarakat yang hadir dari semua lapisan," katanya.

Menurut dia, tradisi silaturahim tersebut akan terus dilakukan, dan tempatnya bisa di mana-mana atau ia pun mendatangi ke rumah warga.

Jokowi menjelaskan, awalnya ia bersama istri pulang ke Solo untuk melakukan sungkeman ke orangtua dan silaturahim dengan semua keluarganya secara internal.

Namun, Jokowi menyatakan bahwa kedatangan masyarakat yang tidak bisa terbendung ingin berjabat tangan dengannya di rumah sehingga secara mendadak dijadwalkan acara silaturahim umum di Gedung Graha Saba Solo, Jawa Tengah.

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, dalam silaturahim itu dia bertemu dengan banyak teman sekolahnya, baik teman semasa SD, SMP, SMA maupun kuliah, yang sudah lebih dari 20 tahun tidak pernah bertemu.

Pada acara open house itu, banyak warga yang menitipkan surat atau pesan tentang pendidikan dan kesehatan. Hal ini, menurut Jokowi, secara tertulis maupun lisan akan diperhatikan karena semuanya sebagai wujud dukungan maupun harapan masyarakat.

"Saya sangat bangga antusias masyarakat ingin bertemu silaturahim luar biasa. Bahkan, kegiatan open house dihadiri selain warga Solo, juga daerah luar kota lainnya di Jateng, Kalimantan, Jakarta, dan Surabaya juga ada," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com