Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Presiden, Lima Relawan Jalan Kaki Semarang-Jakarta

Kompas.com - 24/07/2014, 15:48 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Lima orang relawan Joko Widodo asal Semarang melakukan aksi jalan kaki dari Kota Semarang menuju kediaman Jokowi di Jakarta. Hal itu dilakukan sebagai pelunasan nazar setelah Jokowi-JK memenangkan Pilpres 2014.

“Kami lakukan jalan kaki ini untuk presidenku, Jokowi. Sejak Bu Mega menunjuk Jokowi sebagai capres, kami sudah bernazar untuk nanti jalan kaki sampai Jakarta,” kata koordinator jalan kaki, Yudianto saat ditemui di Jalan Walisongo, Semarang, Kamis (24/7/2014).

Perjalanan mereka dimulai dari Panti Marhen Jawa Tengah pada pukul 11.00 WIB. Hingga pada pukul 15.00 WIB, lima orang yang berjalan itu baru sampai daerah Ngaliyan, Kota Semarang. Lima orang itu adalah Yudianto, Sancoko, Choiri, Riwayadi dan Andik Susanto.

Riwayadi adalah warga Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak, sementara empat orang sisanya adalah warga Kota Semarang. Diperkirakan malam nanti, kelimanya baru akan sampai di Kabupaten Kendal dan menginap di rumah dinas Bupati Kendal, Widya Kandi.

Perjalan mereka ke Jakarta, kata Yudianto, diperkirakan memakan waktu 18 hari perjalanan. Jika ada masalah kesehatan dari lima relawan ini akan diistirahatkan dan diperkirakan sampai 23 hari. “Kami hanya siapkan pakaian, sepatu, obat-obatan, dan sedikit makanan. Itu saja. Nanti kalau ada yang sakit, kita tunggu sehat, “ tambahnya.

Lima relawan ini kompak menggunakan kaus merah yang memajang foto Jokowi dan bertuliskan “Untukmu Presidenku”. Mereka juga kompak memakai celana hitam, menggunakan ikat kepala dan sebagian membawa baju kotak-kotak.

Perjalan nazar mereka ke Jakarta akan berakhir di rumah dinas Jokowi. Di tempat itu pula, mereka akan menyampaikan berbagai pengalaman perjalanan dan kisah-kisah yang didapat semasa perjalanan panjang ratusan kilometer tersebut.

“Nanti finish-nya di rumah Dinas Jokowi, karena saat ini masih jadi Gubernur DKI Jakarta. Kami ingin mengucapkan selamat kepada Jokowi, mewakili masyarakat Kota Semarang. Selain itu, ada juga nanti buku pesan dan kesan perjalanan jalan kaki ke Jakarta,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com