Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Mudik Diperkirakan Jumat

Kompas.com - 24/07/2014, 11:05 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Kepolisian Daerah Jawa Barat memperkirakan, puncak arus mudik Lebaran 2014 di wilayah itu, baik di pantai utara maupun jalur selatan, akan terjadi pada Jumat (25/7/2014) dan Sabtu (26/7/2014).

"Bila melihat terakhir hari kerja pada Jumat, maka potensi lonjakan pemudik akan terjadi pada Jumat dan Sabtu. Polri mengantisipasi penuh di titik rawan kemacetan," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul di Bandung, Kamis (14/7/2014).

Khusus di jalur selatan, menurut dia, terjadi peningkatan arus kendaraan menyusul adanya hambatan di jalur pantura, yakni di kawasan Jembatan Comal. Meski sudah diperbaiki, kemungkinan sebagian pemudik akan menggunakan jalur selatan.

"Pengaturan volume kendaraan dilakukan di kawasan Dawuan dan Cikopo, dan bila terlalu banyak ke salah satu jalur, maka akan dipecah sehingga tidak terjadi kepadatan," katanya.

Pengamanan di titik kemacetan dilakukan dengan melakukan pagar betis dan memasang traffic cone untuk menghindari serobotan pengendara sepeda motor ke lajur kanan.

"Pagar betis dilakukan di kawasan macet. Tren kepadatan terjadi pada pagi hari dan sore hingga malam hari," kata Martinus.

Pada kesempatan itu, Kabid Humas Polda Jabar mengimbau pemudik untuk memanfaatkan jalur alternatif dan terus memantau kondisi arus mudik melalui media sosial maupun radio.

"Pemudik hendaknya memanfaatkan informasi dari radio serta dari media sosial. Itu akan sangat membantu," kata Kabid Humas Polda Jabar itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com