Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Ditemukan Membusuk di Siau

Kompas.com - 23/07/2014, 08:33 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com — Seekor paus yang belum diketahui jenisnya dilaporkan terdampar di tepi pantai kampung Tanaki, Kecamatan Siau Barat Selatan, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Seorang warga Siau, Buyung Mangangue, mengatakan bahwa tubuh paus tersebut sudah membusuk dan mengeluarkan bau yang sangat menyengat.

"Tubuh ikan itu sudah hancur, isi perutnya sudah terburai keluar," kata Buyung, Rabu (23/7/2014).

Menurut dia, paus yang berukuran panjang sekitar 15 meter dan lebar hampir tiga meter tersebut pertama kali dilihat warga lima hari yang lalu.

"Mereka kira itu badan perahu yang terbalik. Tetapi ketika hanyut mendekati pantai baru warga tahu bahwa itu paus," jelas Buyung.

Warga yang tidak paham tentang cara memperlakukan bangkai paus tersebut hanya membiarkan mamalia raksasa itu tersangkut di pohon bakau yang banyak terdapat di pantai Tanaki.

Kepala Desa Tanaki, Frans Pongoh, mengakui pula bahwa mereka tidak tahu tindakan apa yang harus dilakukan terhadap bangkai paus itu.

"Memang baunya sudah sangat busuk, tetapi tidak tahu mau bagaimana," ujar Frans.

Hingga saat ini belum ada laporan resmi penyebab terdamparnya paus tersebut. Pada Februari lalu, seekor paus juga terdampar di pantai Tambala, Tombariri, Minahasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com