Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Ikan Paus Terdampar di Pantai Manokwari

Kompas.com - 12/11/2013, 22:35 WIB
Kontributor Kompas TV, Budy Setiawan

Penulis


MANOKWARI, KOMPAS.com — Seekor paus bungkuk seberat sekitar 10 ton dan panjang 11 meter ditemukan warga terdampar di Pantai Pertamina Wosi, Manokwari, Papua Barat. Ikan paus tersebut ditemukan warga dalam kondisi masih hidup.

Warga yang kasihan melihat mamalia laut itu pun berusaha memberi pertolongan dengan memindahkan ikan tersebut ke pinggiran pantai. Dengan kondisi yang sekarat dan dipenuhi oleh sejumlah luka di sekujur badan, ikan raksasa tersebut disirami air, khususnya di bagian hidung.

Warga Manokwari yang mengetahui kejadian paus terdampar ini berbondong-bondong datang untuk melihat. Salah satu warga, Ginune, menjelaskan, awalnya ada seorang anak kecil melihat keanehan di bawah kandang babi. Setelah dilihat lebih dekat, ternyata seekor ikan paus terdampar. Ikan itu menurutnya sempat terempas ombak dan badannya mengenai talut yang berada di pinggiran pantai.

"Karena mereka kasihan, beberapa orang turun dan mencoba mendorong ikan itu ke tengah laut. Namun, ombak kembali membawa ikan paus ke darat. Akhirnya mereka mengangkat ikan itu ke darat," ujarnya.

Kuat dugaan, ikan paus ini terdampar akibat arus serta gelombang laut yang kuat di perairan Manokwari, Papua Barat. Setelah berkoordinasi dengan petugas dari Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC), warga pun akhirnya melepas kembali ikan paus itu ke laut dengan mendorongnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com