Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Diminta Waspadai Abrasi di Jalan Lintas Barat Sumatera

Kompas.com - 19/07/2014, 11:20 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Pemudik yang menempuh jalur lintas barat menghubungkan Bengkulu-Sumbar wajib mewaspadai beberapa titik ruas jalan di wilayah itu akibat rusak terkena abrasi atau pengikisan air.

Abrasi di beberapa titik yang merusak jalan utama Jalinbar mulai terjadi di Kabupaten Kaur, di wiliayah ini abrasi memang belum mengganggu jalan raya. Namun, di Kabupaten Bengkulu Tengah dan Bengkulu Utara abrasi mulai menghancurkan jalan raya.

"Kerusakan jalan akibat abrasi terjadi di Desa Batik Nau, Kecamatan Putri Hijau, Bengkulu Utara, jalan raya ambles selebar dua meter dan dalam dua meter," kata Hadi salah seorang warga setempat, Sabtu (19/7/2014).

Amblesnya jalan itu mengakibatkan menyebabkan lubang besar di tengah jalan. Kondisi diperparah dengan minimnya rambu peringatan jalan berlubang, sedangkan lubang jalan tersebut hanya dipasang garis polisi.

Sementara itu kondisi jalan cukup gelap tak adaa penerang jika malam hari. Pemerintah setempat hanya memasang kawat bronjong untuk menambah lebar jalan. "Di kawasan ini pemudik harus berhati-hati karena jika tidak lubang besar itu dapat membuat celaka bagi pemudik," demikian Hadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com