Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penjelasan KPU Papua Barat soal Suara Prabowo-Hatta Nol di Puluhan TPS

Kompas.com - 18/07/2014, 16:10 WIB
Kontributor Kompas TV, Budy Setiawan

Penulis


MANOKWARI, KOMPAS.com - Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara, KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe, mengakui adanya perolehan suara nol untuk pasangan calon nomor urut satu, Prabowo-Hatta, di dua distrik, Distrik Membey dan Distrik Taige, Kabupaten Pemekaran Pegunungan Arfak (Pegaf), Papua Barat (baca juga: Diduga karena Noken, Prabowo-Hatta Tak Dapat Suara di Puluhan TPS Papua Barat).

“Hasil pleno pada tingkat kabupaten, kami temukan ada suara nol pada pasangan nomor urut 1 Prabowo-Hatta,” ujarnya saat ditemui Kompas.com, Jumat (18/7/2014).

Menurut dia, di Distrik Taige, terdapat 6 kampung dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing satu TPS, sedangkan di distrik Membey, masing-masing satu TPS di 11 kampung.

“Data yang masuk dari dua distrik ini masing-masing saksi telah menandatangani dan pada saat pleno di tingkat kabupaten, saksi dari kubu Prabowo-Hatta juga tidak keberatan dan tetap menandatangani berita acara pleno,” tuturnya.

Menurut Muin, pascapleno rekapitulasi tingkat kabupaten, Rabu (16/7/2014) lalu, hingga kini belum ada satupun saksi yang mengajukan keberatan terhadap perolehan suara di dua distrik tersebut termasuk adanya laporan pelanggaran yang masuk ke Panwaslu, baik di tingkat distrik maupun Panwaslu kabupaten.

Saat ditanya soal apakah saksi pasangan nomor urut satu pada sejumlah TPS di dua distrik tersebut menggunakan hak pilihnya atau tidak atau bahkan ada larangan untuk mencoblos, Muin mengaku tidak tahu.

“Kita tidak tahu persis, karena tidak ada laporan pelanggaran yang terjadi, baik itu laporan kecurangan ataupun laporan yang sifat masif. Selain itu saksi maupun Panwaslu juga tidak keberatan dengan hasil pleno di tingkat KPU, maka KPU mensahkan hasil pleno tersebut,” ungkapnya.

Untuk Distrik Membey, jumlah surat suara yang diterima termasuk dua persen cadangan sebanyak 1.997 suara suara, sedangkan Distrik Taige 3.020 surat suara. Jumlah suara yang tidak digunakan untuk masing-masing distrik yaitu Distrik Membey 39 surat suara dan Distrik Taige 59 surat suara.

Sementara itu, dalam presentasi, masing-masing panitia pemilihan distrik di dua puluh lima distrik di wilayah Manokwari dan dua kabupaten pemekaran Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak menunjukkan bahwa pasangan nomor urut dua Jokowi-Jusuf Kalla unggul telak dengan perolehan 101.375 suara, sementara pasangan nomor urut satu Prabowo-Hatta hanya memperoleh suara 42.328 suara.

Hasil perolehan suara di tingkat KPU Kabupaten Manokwari rencananya diplenokan lagi di KPU Provinsi Papua Barat, hari ini. Namun, pelaksanaannya ditunda sehari karena pleno rekapitulasi perolehan suara untuk Kabupaten Raja Ampat masih berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com