Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Pengamanan Toko Emas di Kediri Diperketat

Kompas.com - 14/07/2014, 18:00 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Permintaan perhiasan emas dari masyarakat diprediksi naik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 H yang kurang dari dua pekan ini. Hal itu membuat otoritas keamanan setempat meningkatkan intensitas pengamanan di kawasan sentra perhiasan ini.

Seperti yang dilakukan oleh jajaran Kepolisian Resor Kediri, Jawa Timur, Senin (14/7/2014), dengan mengecek kesiapan pengamanan beberapa titik pusat perdagangan emas di Kota Kediri. Pengecekan itu di antaranya untuk memastikan berfungsinya sistem keamanan yang sudah ada pada masing-masing toko emas maupun kesigapan personel polisi dalam menindaklanjuti laporan kejahatan yang terjadi di kawasan toko.

"Kita cek juga tentang secepat apa respons anggota atas alarm keamanan yang yang bereaksi," kata Kapolres Kediri Kota, AKBP Budhi Herdi Susianto, Senin.

Setiap hari, kata Kapolres, pihaknya juga menempatkan personelnya untuk melakukan penjagaan di masing-masing titik strategis sentra penjualan perhiasan. Hal itu untuk mempertebal sistem pengamanan selain pengamanan yang sudah ada pada setiap toko.

Edy, salah seorang pedagang emas di Jalan Sriwijaya mengatakan, pola-pola antisipasi sudah diberlakukan pada tokonya seperti memasang nomor telepon penting saat kondisi darurat. Pengamanan itu dilakukan sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya aksi perampokan toko emas seperti yang menimpa toko emas Kencana di Desa Kapi, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri pada Minggu (13/7/2014) kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com