Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Forum Peduli Gaza Sumbar Gelar Aksi Penggalangan Dana

Kompas.com - 11/07/2014, 21:32 WIB
Ismail Zakaria

Penulis


PADANG, KOMPAS.com – Sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina, Forum Bersama Peduli Gaza Sumatera Barat, menggelar aksi bersama #SaveGaza di Padang, Jumat (11/7/2014).

Aksi yang berlangsung di depan kantor Gubenur Sumatera Barat itu juga disertai dengan doa bersama dan penggalangan dana.

Aksi yang diikuti puluhan orang, gabungan dari Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Sumbar, Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI) Sumbar, Lembaga Bantuan Hukum Pergerakan Indonesia (LBHPI) Sumbar, LBH Pers Padang, dan Mahasiswa Kelompok Cipayung itu dimulai sekitar pukul 14.30.

“Aksi ini kami lakukan sebagai bentuk kecaman atas serangkaian tindakan kekerasan dan penyerangan membabi buta oleh Israel terhadap Gaza. Jelas tindakan itu adalah pelanggaran HAM berat dan kejatahan terhadap kemanusiaan,” kata LBH Pers Padang Roni Saputra.

Roni menambahkan, aksi itu sekaligus sebagai bentuk keprihatinan terhadap lemah dan lembeknya pemerintah Indonesia mengambil sikap atas kasus Gaza.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia seharusnya bisa mengambil peran tidak hanya menyerukan penghentian serangan oleh Israel, tetapi mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengambil langkah konkret.

Pantauan Kompas, setelah menyampaikan orasi, peserta aksi melanjutkan dengan doa bersama. Dalam kesempatan itu mereka juga menggalang dana dari masyarakat yang melintas di jalan.

Sore itu, mereka berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 3.750.000. Aksi berikutnya akan dilakukan pada Senin (14/7/2014) mendatang. (Ismail Zakaria)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com