Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pak Jokowi Telepon Saya, Ucapkan Terima Kasih untuk Rakyat Papua"

Kompas.com - 09/07/2014, 22:36 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com —
Calon presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat di Provinsi Papua atas kemenangan sementara pada Pemilu Presiden 9 Juli 2014.

"Beliau (Jokowi) menelepon saya dan menyampaikan terima kasih atas dukungan yang positif dari rakyat Papua," kata Ketua PDI-P Provinsi Papua Komarudin Watubun kepada wartawan di Jayapura, Rabu.

Ia mengatakan, Joko Widodo, mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu pagi sekitar pukul 07.30 WIT, menghubunginya lewat telepon seluler menanyakan tentang situasi dan kondisi terkini di Papua.

"Saya sampaikan bahwa Papua baik-baik saja. Kemudian pukul 14.00 WIT, Pak Jokowi menelepon saya lagi," katanya.

Menurut Komarudin, ketika dihubungi yang kedua kali oleh Jokowi, dia langsung melaporkan tentang raihan suara di dua distrik dari Kabupaten Jayawijaya yang hasilnya sempurna.

Di kedua distrik tersebut, 100 persen mendukung Jokowi-JK untuk menjadi presiden dan wakil presiden 2014-2019.

"Selain itu, saya laporkan juga hasil positif dari sejumlah daerah di Papua. Untuk itu, tadi beliau berpesan kepada saya agar menyampaikan salam hormatnya kepada seluruh rakyat Papua, baik yang memberikan dan yang tidak memberikan dukungan kepadanya," katanya.

Dalam percakapan itu, kata Komarudin, yang juga caleg DPR RI terpilih Papua, Jokowi juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada aparat keamanan yang telah bekerja dengan baik sehingga pemilu hari ini sudah berjalan lancar aman dan baik.

"Kepada pendukung di seluruh tanah Papua, beliau menyampaikan kemenangan (sementara-red) ini milik seluruh rakyat Indonesia, bukan kemenangan Jokowi-JK saja. Sejumlah hasil survei telah menyebutkan Jokowi-JK meraih 50 persen lebih suara dari pesaing," katanya.

Pasangan Jokowi-Jusuf Kalla mengikuti pemilihan umum dengan dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Hanura, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Sementara itu, pesaing mereka, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, mendapat dukungan dari Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Bulan Bintang, dan Partai Demokrat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com