Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timses Prabowo-Hatta Pertanyakan Aspek Pelanggaran di Pengajian UMY

Kompas.com - 27/06/2014, 18:54 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketua pemenangan pasangan Prabowo-Hatta DIY, Herry Zudianto mengaku belum mendapat surat resmi pemanggilan dari Bawaslu DIY terkait dugaan pelanggaran pemilu.

"Saya belum mendapat surat resmi dari Bawaslu," jelas Herry Zudianto saat ditemui di Hotel Jambu Luwuk, Jumat (27/6/2014).

Selain belum adanya surat resmi pemanggilan, Herry Zudianto mempertanyakan aspek-aspek pelanggaran pemilu yang ada dalam acara Zikir dan Pengajian yang digelar di Sportaroium Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) pada Rabu (26/06/2014) malam.

"Saya tidak tahu aspek-aspek yang dilanggar apanya," kata Herry Zudianto.

Jika yang dipermasalahkan tempatnya, kata Herry, maka seharusnya Bawaslu menanyakan ke Rektorat Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY). Apakah Sportarium itu masuk institusi pendidikan atau disewakan untuk kegiatan kalangan umum.

"Harusnya tanya dulu dong ke Rektorat UMY Itu gedung kampus apa komersial. Saya saja pernah datang acara nikahan di sana, gedung itu sifatnya komersial," tegasnya.

Menurut dia, Bawaslu perlu memastikan datang ke lokasi, melihat apakah gedung institusi pendidikan atau unit bisnis yang dibangun berdekatan dengan area kampus. Dari penelusuran itu barulah dikembangkan, dan jika temuan Bawaslu memang bagian dari kampus, maka bisa dilanjutkan dengan pemanggilan pihak-pihak yang terlibat.

"Kalau kampus mestinya tidak ada uang sewa dan sebagainya. Itu gedung unit usaha milik UMY yang satu halaman dengan kampus, sifatnya komersial bukan institusi pendidikan," tandasnya.

Namun demikian, sebagai warga negara Herry Zudianto menyatakan diri akan memenuhi panggilan dari Bawaslu DIY.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY akan memanggil Hatta Rajasa beserta 6 tokoh tim pemenangan terkait adanya dugaan pelanggaran pemilu saat acara Zikir dan Pengajian yang digelar di Sportaroium Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) pada Rabu (26/06/2014) malam.

Tokoh-tokoh yang dipanggil yakni Bambang Eka, Hanafi Rais, Amin Rais, Herry Zudianto dan Gus Miftah. Turut dipanggil pula untuk dimintai keterangan pengelola Sportarium UMY. Pemanggilan rencananya dilakukan dua hari, yakni pada Sabtu (28/6/2014 dan Minggu (29/6/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com