Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani di Simalungun dan Pematangsiantar Deklarasi Dukungan Jokowi-JK

Kompas.com - 10/06/2014, 22:32 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis


SIMALUNGUN,KOMPAS.com -
- Ratusan petani di Simalungun dan Pematangsiantar yang tergabung dalam Serikat Tani Sejahtera Indonesia (Setasi), mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan Jokowi-JK di Pematangsiantar, Sumatera Utara, Selasa (10/6/2014).

"Kami berharap jika Jokowi-JK terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden, maka Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) No 5 tahun 1960 dapat dilaksanakan," kata Sekjen Setasi, Marihot Gultom.

Dia mengatakan, dalam deklarasi sengaja mengambil tema "Tanah untuk Rayat", menyusul sejauh ini distribusi tanah kepada rakyat miskin belum berlangsung sesuai dengan UUPA.

Acara deklarasi diwarnai dengan orasi dan yel-yel Jokowi oleh ratusan petani. Dalam orasinya, mereka menegaskan keyakinannya jika pasangan Jokowi-JK menang, maka akan terjadi perubahan besar di negara ini.

Selain melakukan orasi, para petani juga melakukan penggalangan dana untuk disumbangkan ke rekening Jokowi-JK.

"Uang kita serahkan langsung kepada Jokowi-JK sebagai bentuk bantuan untuk kampanye mereka. Nanti bukti pemberian uang tersebut akan diberikan kepada peserta yang ikut dalam deklarasi tersebut. Uang yang berhasil terkumpul sebanyak Rp 716.500," kata Marihot.

Dalam kesempatan itu dia mengatakan, dalam melakukan kampanye ke warga, tim relawan bekerja secara santun dan menghindari kampanye hitam.

"Kita tidak pernah melakukan kampanye hitam, apalagi mengadakan kegiatan yang memaksakan kehendak kepada rakyat dalam pencalonan,“ tegas Marihot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com