Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempuh Jalan Darat Selama 2 Jam, JK Disambut secara Adat di Pidie

Kompas.com - 05/06/2014, 14:14 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

PIDIE, KOMPAS.com — Setelah menempuh perjalanan selama dua jam, Kamis (5/6/2014), akhirnya rombongan calon wakil presiden Jusuf Kalla tiba di kediaman Syekh Umar, tokoh masyarakat Pidie, tempat kampanye dialogis digelar.

Setibanya di lokasi, Jusuf Kalla disambut dengan upacara adat Peusijuk dan Tarian Ranup Lampuan. Jusuf Kalla yang tiba di Kabupaten Pidie pukul 12.00 WIB didampingi oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, fungsionaris Nasdem Fery Mursyidan Baldan, dan beberapa tim pemenangan pasangan calon presiden nomor urut 2.

Sementara itu, tim pemenangan Jokowi-JK Aceh didampingi oleh anggota Tuha Peut Partai Aceh Zakaria Saman, mantan bupati Pidie Mirza Ismail, mantan Sekjen Partai Aceh Yahya Muaz, dan Saed Fuad Zakaria.

Sebelum memulai acara deklarasi tim pemenangan dan kampanye, terlebih dahulu akan dilakukan Tepung Tawari atau Peusijuek kepada Jusuf Kalla. Mengawali dialog, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan orasi politiknya.

Dalam pidatonya Surya Paloh mengatakan, banyak putra terbaik Aceh yang kini sudah menjadi orang penting di Indonesia. “Dan ini menjadi modal bagi negara Indonesia untuk maju dan jangan pernah ragukan nasionalisme rakyat Aceh untuk bahu-membahu membangun Indonesia,” ujar Surya Paloh.

Dalam orasinya, Surya Paloh juga mengingatkan peran Jusuf Kalla saat menjadi Wapres periode 2004-2009 yang segera menyelesaikan konflik Aceh dan menghadirkan kedamaian di Aceh.

Seribuan warga terlihat memadati kediaman Syekh Umar. Jalan di sekitar kediaman yang merupakan jalur lintas Banda Aceh-Medan pun macet akibat kerumunan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com