Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Kaget atas Antusias Warga Yogyakarta

Kompas.com - 02/06/2014, 12:58 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
 — Calon presiden Joko Widodo mengaku terkejut atas sambutan warga Yogyakarta terhadap dirinya. Jokowi terkejut lantaran rencana kedatangannya ke Yogyakarta, Senin (2/6/2014), tidak dipublikasikan sebelumnya.

"Jujur, saya kaget sekali. Kita kan datangnya diam-diam. Ternyata sambutannya luar biasa. Saya berterima kasih atas sambutan hangat warga di sini," ujar Jokowi di kawasan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Senin siang.

Pantauan Kompas.com, kedatangan Jokowi di Yogyakarta menarik perhatian warga, seperti di Pasar Beringharjo. Lorong pasar yang dilalui Jokowi penuh oleh masyarakat. Warga berebut bersalaman dan berfoto bersama.

Sempat terjadi saling dorong antara wartawan yang ingin mengambil gambar dan relawan yang mengelilingi Jokowi. Namun, insiden tersebut tidak berlangsung lama.

Tak hanya di pasar, antusias warga juga terlihat saat Jokowi hendak menuju kawasan keraton. Seribuan orang berkerumun di jalan sepanjang pasar hingga keraton untuk melihat Jokowi. Sebanyak 600 relawan meneriakkan nama Jokowi, serta 23 prajurit keraton menabuh gendang dan meniup terompet.

Jokowi sampai ke area keraton pukul 11.57 WIB. Jokowi lalu shalat dzuhur di Mushala Keraton. Seusai shalat, Jokowi disambut oleh Gusti Prabu Kusumo, adik Sultan Hamengku Buwono X, untuk bersama-sama makan siang di kawasan keraton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com