Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketiga Pelajar Pembawa Kunci Jawaban UN Tak Ditahan di Sel

Kompas.com - 06/05/2014, 17:57 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Tiga pelajar SMP di Kota Kediri, Jawa Timur, yang tertangkap membawa kertas yang diduga kunci jawaban Ujian Nasional, Selasa (6/5/2014), tidak ditahan di sel.

Kepala Polres Kediri Kota, Ajun Komisaris Besar Budi Herdi Susianto mengatakan, ketiga pelajar yang berinisial D, A, A, tersebut dilepas untuk dapat mengikuti UN yang masih berlangsung esok hari.

"Kami menjaga agar tidak sampai mengganggu psikologis mereka dalam menghadapi ujian," kata Budhi Herdi Susianto.

Sembari menunggu selesainya para siswa itu mengikuti UN, polisi memeriksa seorang saksi, Yuliani (24), yang adalah karyawan jasa fotokopi tempat para siswa itu menggandakan kunci ujian.

Pemeriksaan, akan terus dilakukan untuk mengungkap kasus itu. Sebelumnya diberitakan, kepolisian setempat mengamankan tiga pelajar yang kedapatan sedang menggandakan lembaran kertas yang diiduga kunci jawaban UN.

Ketiganya ditangkap saat sedang menggandakan kertas tersebut di sebuah jasa fotokopi yang ada di Jalan Penanggungan, dekat dengan tempat ketiganya bersekolah. Mereka tepergok oleh personel polisi yang sedang melakukan patroli rutin di lingkungan itu, sebelum ujian berlangsung sekitar pukul 06.30 Wib.

Sedangkan kunci yang diduga jawaban tersebut berbentuk selembar kertas yang berisi 20 paket isian bertuliskan untuk mata ujian matematika. Setiap paket terdiri dari 50 jawaban untuk 50 soal pilihan ganda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com