Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Formulir C1 Terlambat, Surat Suara Baru Dihitung Hari Ini

Kompas.com - 10/04/2014, 18:07 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Hingga Kamis (10/4/2014) sore, delapan tempat pemungutan suara (TPS) di Kelurahan Winangun Satu, Kecamatan Malalayang, Manado, masih melakukan penghitungan hasil Pemilu Legislatif yang dilaksanakan, Rabu (9/4/2014). Keterlambatan penghitungan disebabkan tidak tersedianya formulir C1 ketika waktu pencoblosan telah ditutup kemarin.

Awalnya, sebanyak 14 TPS di kelurahan tersebut belum bisa melakukan penghitungan. Anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 4, Nikolas Posumah mengungkapkan bahwa mereka menunggu kedatangan formulir C1 hingga tengah malam.

"Karena sudah larut malam dan formulir itu belum juga tiba, kami semua sepakat untuk istirahat," ujar Posumah, Kamis sore.

Proses penghitungan dilanjutkan hari ini dan juga mengalami kendala karena formulir C1 yang disuplai oleh KPU Manado hanya berupa fotokopi. Saksi-saksi menolak jika formulir yang dipakai berupa fotokopi. Salah satu saksi dari partai sekaligus tokoh agama di Winangun Satu, Doni Tampi, menyayangkan kelalaian KPU Manado.

"KPU harus bertanggung jawab terhadap kekisruhan ini. Kami masyarakat merasa sangat terganggu. Anggaran mereka begitu besar, tapi begini hasilnya," keluh Tampi.

Menurutnya, kinerja KPU Manado ini telah mencoreng demokrasi. Hingga menjelang malam, penghitungan suara di delapan TPS tersebut masih berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com