Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada TPS, Banyak Pasien RSU dr Soetomo Terancam Golput

Kompas.com - 08/04/2014, 18:21 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com -- Ribuan pemilih di RSU dr Soetomo Surabaya terancam golput. Pasalnya, tak ada tempat pemungutan suara (TPS) khusus di rumah sakit terbesar di Jawa Timur itu. Pihak direksi RSU dr Soetomo mengaku sudah mengirim surat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya untuk meminta TPS khusus, tetapi belum ditindaklanjuti.

"KPU Surabaya menegaskan, tidak ada TPS khusus, karena rumah sakit tidak memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT)," kata Direktur RSU dr Soetomo Surabaya, dr Dodo Anondo, Selasa (8/4/2014).

Pemilih yang menjalani rawat inap atau tugas pelayanan publik di RSU dr Soetomo, lanjutnya, diminta memberikan suara di TPS terdekat.

"Pengalaman pada Pilgub Jatim lalu, petugas dari sejumlah TPS terdekat itu berkeliling rumah sakit, tapi waktunya terbatas, jadi banyak yang tidak nyoblos," tambahnya.

Ada lima TPS terdekat di sekitar RSU dr Soetomo, yaitu TPS 1 Jalan Lapangan Dharmawangsa, TPS 02 Jalan Dharmawangsa Gang 3, TPS 03 Jalan Dharmawangsa Gang 4, TPS 11 Jalan Airlangga (Unair Kampus B), dan TPS 46 Jalan Karangmenjangan. Setiap petugas dari TPS tersebut akan berkeliling RSU dr Soetomo.

Di RSU dr Soetomo, lanjutnya, ada sekitar 1.500 orang pasien rawat inap dan tenaga medis, serta tenaga administrasi 500 orang. Jumlah itu belum termasuk keluarga penunggu pasien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com