Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang KA Pasundan Dipindahkan ke Bus dari Tasikmalaya

Kompas.com - 04/04/2014, 22:12 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com -- Menyusul musibah kecelakaan Kereta Api Malabar jurusan Bandung-Malang di Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, rangkaian KA Pasundan jurusan Surabaya-Kiaracondong tertahan di Stasiun KA Tasikmalaya, Jumat (4/4/2014) sekitar pukul 20.00 WIB.

Sementara rangkaian kereta api lainnya dari arah timur, semuanya dialihkan ke Cirebon dari Kroya.

Sebanyak 350 penumpang KA Pasundan dialihkan dengan tujuh bus yang disediakan Stasiun KA Tasikmalaya. Setelah memperlihatkan tiket masing-masing, semua penumpang dikumpulkan di halaman stasiun.

Kemudian mereka antre masuk ke dalam bus yang telah disediakan. Pihak keamanan stasiun memprioritaskan penumpang wanita terlebih dahulu.

“Hanya rangkaian KA Pasundan saja yang tertahan, karena sudah kadung masuk wilayah Jabar. Sedangkan rangkaian KA lainnya dipindah ke Cirebon. Seperti KA Serayu jurusan Kroya-Jakarta terpaksa dialihkan ke utara,” ujar Kepala Stasiuan KA Tasikmalaya, Sutardi, di sela pemindahan penumpang ke bus.

Proses pemindahan penumpang mendapat pengamanan dari petugas Polsekta Tawang untuk menghindari terjadinya saling serobot masuk ke dalam bus.

“Kita juga memprioritaskan penumpang wanita, anak-anak, dan orang tua duduk di kursi deretan depan. Ketujuh bus ini akan menuju Stasiun Kiaracondong, sesuai dengan tujuan akhir KA Pasundan,” kata Sutardi, seraya menambahkan bahwa semua ongkos bus ditanggung PT KAI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com