Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi ke Malang, Akses Jalan Ditutup

Kompas.com - 30/03/2014, 15:20 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal Calon Presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Joko Widodo alias Jokowi melanjutkan kampanye akhir pekannya ke Malang, Jawa Timur, Minggu (30/3/2014) siang. Usai mendarat di bandara Raden Saleh, Malang, Jokowi menyempatkan diri untuk makan siang di Rumah Makan Bu Genang.

Jokowi dikawal oleh petugas kepolisian lengkap dengan suara sirine yang memecah kesunyian kota malang. Skses jalan Trunojoyo yang menuju ke rumah makan sempat ditutup karena kedatangan Jokowi itu. Padahal, pada kampanye dua hari sebelumnya di Jawa Barat dan Banten, petugas kepolisian yang mengawal Jokowi tidak mengidupkan sirine, apalagi sampai menutup jalan.

"Iya, ini ditutup karena kedatangan Pak Jokowi. Biasanya tidak. Kalau tidak ditutup, nanti bisa macet," kata Briptu Poniman, salah satu polantas yang berjaga di depan jalur penutupan.

Namun kemacetan tetap tidak terelakkan. Banyaknya kendaraan yang mengawal kedatangan Jokowi serta rombongan membuat arus lalu lintas di depan rumah makan itu tersendat.

Di rumah makan khas Jawa Timur itu, Jokowi memesan nasi sayur lodeh yang dipadu dengan berbagai macam lauk pauk seperti tempe, empal, dan daging. "Total makannya Rp. 80.000," kata si ibu penjual.

Seperti biasanya, kehadiran Jokowi kali ini mengundang perhatian masyarakat. Masyarakat sekitar masuk dan mendekati meja tempat Jokowi menyantap hidangannya. Setelah makan siang, rencananya Jokowi akan berorasi di lapangan Muliorejo. Ribuan kader dan simpatisan sudah berkumpul disana sejak pagi.

Pada akhir pekan ini, Jokowi kembali menjadi juru kampanye PDI-P. Dia dijadwalkan mengikuti kampanye pemilu legislatif di beberapa kota di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Rangkaian kegiatan kampanye Jokowi dimulai pada Kamis (27/3/2014) malam dan akan berlangsung hingga Senin (31/3/2014).

Hari Jumat, dia telah mengajukan cuti kepada Kementerian Dalam Negeri. Sementara Senin adalah hari libur nasional Hari Raya Nyepi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com