Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu, Wisata Kelud Dibuka untuk Umum

Kompas.com - 07/03/2014, 15:44 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, melalui Dinas Pariwisata berencana membuka untuk umum wisata gunung Kelud mulai besok, Sabtu (8/3/2014).

Pembukaan wisata geologi itu ditandai dengan beroperasinya loket masuk gerbang utama dan beberapa wahana pendukung, seperti teater dan museum Kelud.

Teater itu berada di gerbang masuk utama kawasan wisata Kelud. Wahana teater menyuguhkan film tentang kegunungapian Kelud dan sejarahnya selama sekitar 30 menit.

Sedangkan harga tiket masuk, tidak ada perubahan sebagaimana sebelum Kelud erupsi 13 Februari lalu. Pengunjung dikenakan retribusi Rp 8.000 untuk hari biasa dan Rp 10.000 untuk akhir pekan. Sedangkan tiket museum dan teater Rp 10.000 untuk hari biasa dan Rp 15.000 untuk weekend.

"Mulai besok, wisata Kelud beroperasi untuk umum. Tidak ada kenaikan tiket," kata Nadlirin, Bagian Marketing Gunung Kelud di Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kediri, Jumat (7/3/2014).

Meski mengeluarkan sejumlah uang untuk tiket, wisatawan tidak dapat melihat langsung kawah Kelud yang baru saja meletus itu. Mereka hanya dapat mendekat dalam jarak 3 kilometer dari puncak Kelud.

Larangan itu diberlakukan karena kondisi Kelud hingga saat ini masih belum sepenuhnya normal. Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan 3 kilometer dari puncak Kelud harus steril karena statusnya masih "Waspada".

"Jarak tiga kilometer dari puncak, kita kasih pagar besi. Pagar itu batas akhir pengunjung boleh masuk," kata Nadlirin.

Sebelumnya, gunung Kelud yang berketinggian 1.731 meter di atas permukaan laut itu meletus pada 13 Februari 2014. Pascabencana itu, banyak warga yang datang untuk melihat pemandangan terkini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com