Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamatkan Sawah, Bupati Banyuwangi Bikin Lahan Abadi

Kompas.com - 02/03/2014, 08:10 WIB
Alsadad Rudi

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sedang menjalankan program Lahan Abadi.

Program tersebut, kata dia, bertujuan untuk menyelamatkan sawah-sawah yang ada di Banyuwangi agar tidak beralih fungsi.

"Kami sedang berupaya menyelamatkan ribuan sawah yang sedang berproduksi, yang mendapatkan ancaman alih fungsi lahan dari perumahan dan industri. Kami sudah menyiapkan program Lahan Abadi guna mem-protect lahan-lahan pertanian," kata Abduah saat ditemui seusai acara diskusi "Reformasi Hibrida Reformis Horizontal" di Gedung Djakarta Theatre, Jakarta, Sabtu (1/3/2014).

Salah satu bagian dari program Lahan Abadi itu, kata Abdullah, yakni dengan pembangunan waduk yang dapat menampung kapasitas air sebanyak 10 juta meter kubik, dengan anggaran sekitar Rp 350 miliar.

Waduk nantinya akan berfungsi untuk pengairan 1500 hektar sawah yang ada di kabupaten paling ujung timur pulau Jawa tersebut. "Kalau waduk-waduk baru tidak kami bangun, maka sawah-sawah terancam punah karena aliran yang ada tidak cukup untuk pengairan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com