Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Konferensi Sanitasi Nasional

Kompas.com - 25/02/2014, 17:32 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kota Bandung ditunjuk menjadi tuan rumah konferensi sanitasi nasional oleh 225 kepala daerah seluruh Indonesia yang tergabung dalam Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi).

Ketua Akkopsi, HM Rizal Effendi mengatakan, konferensi tersebut akan digelar pada September 2014 mendatang. "Nanti akan ada pertemuan tentang sanitasi nasional dan dipusatkan di Bandung," kata Rizal di Balai Kota Bandung, Selasa (25/2/2014).

Lebih lanjut Rizal menambahkan, dalam pertemuan tersebut, kota dan kabupaten yang tergabung dalam Akkopsi akan mempresentasikan inovasi pengelolaan sanitasi di wilayah masing-masing.

Pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Balikpapan ini mengatakan, sanitasi yang baik merupakan hak dasar setiap masyarakat yang wajib dipenuhi oleh seluruh pemerintah daerah.

"Inovasi ini akan menjadi tuntutan masyarakat kepada pemerintah kota kabupaten, karena itu hak dasar mereka bagaimana punya air yang baik, air yang sehat, jamban yang baik, jamban yang sehat dan punya penataan sampah yang baik," tuturnya.

Salah satu faktor dipilihnya Kota Bandung sebagai tuan rumah konferensi tentang sanitasi tingkat nasional disebabkan Kota Bandung memiliki banyak kreativitas dalam memecahkan masalah.

"Banyak juga universitas yang bagus dan kita berharap ada pemecahan masalah sanitasi yang baik lebih murah, lebih cepat dan lebih sehat, sehingga kota-kota kabupaten di Indonesia bisa menjadi kota yang nyaman dihuni," bebernya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, dalam konferensi sanitasi tingkat nasional itu, setiap kota dan kabupaten akan menampilkan karya-karya dalam pengelolaan sanitasi. Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku tidak sabar untuk belajar tentang pengelolaan sanitasi yang baik dari daerah-daerah lain.

"Saya ingin belajar, karena sanitasi itu dibagi tiga, satu drainase, dua limbah, ketiga sampah. Seluruh daerah akan hadir dan mereka akan menampilkan karya-karya yang bisa menginspirasi," bebernya.

Emil mengatakan, Kota Bandung bakal menampilkan inovasi pengelolaan sampah berupa biodigester yang saat ini tengah dikembangkan. "Dari bandung sepertinya biodigester mau kita jadikan unggulan. Selain itu, program sejuta biopori juga banyak diminati," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com