Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diangkut 3 Truk, Bantuan untuk Korban Kelud Diberangkatkan

Kompas.com - 14/02/2014, 17:57 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Pemerintah Jawa Timur memberangkatkan bantuan yang diangkut tiga truk untuk para pengungsi letusan Gunung Merapi, Jumat (14/2/2014). Bantuan tersebut berupa makanan, minuman, pakaian, masker, pengganti ASI, dan kebutuhan ibu hamil.

Tiga truk bantuan tersebut resmi diberangkatkan dari halaman posko induk bencana Kelud di kompleks Gedung Negara Grahadi Surabaya oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

"Bantuan tersebut untuk tiga daerah terdampak, masing-masing empat kecamatan di Kabupaten Kediri, tiga kecamatan di Kabupaten Malang, dan dua kecamatan di Kabupaten Jombang," katanya.

Tidak hanya bantuan materi, pihaknya juga menyiapkan fasilitas mandi-cuci-kakus (MCK) untuk 50 lokasi, selain menyiapkan lokasi pengungsian. Pembangunan MCK, kata Saifullah, harus direalisasikan untuk kebutuhan kebersihan pengungsi disamping kebutuhan pangan, papan, dan sandang.

Menurut pejabat yang akrab disapa Gus Ipul ini, setidaknya ada 25.000 jiwa mengungsi. Di Malang, ada 14.000 jiwa mengungsi, di Kediri lebih dari 4.000, di Blitar sekitar 2.000, Tulungagung 170 orang, dan Jombang 205 orang.

"Petugas gabungan di sana terus menyiapkan jalur evakuasi untuk daerah yang berpotensi terdampak letusan gunung," tambahnya.

Selain itu, ratusan titik posko juga sudah disiapkan, seperti di Kediri, ada 117 titik posko karena ada potensi 60.000 jiwa; Blitar ada 45.000 jiwa, dan disiapkan 63 titik posko; serta Malang dua titik posko karena ada 4.500 jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com