Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.000 Polisi Amankan Pelantikan Gubernur Jatim

Kompas.com - 07/02/2014, 14:19 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com - Tiga ribu personel polisi disiagakan untuk melakukan pengamanan dalam acara pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Jatim terpilih, 12 Februari 2014 mendatang.

Pasukan yang diterjunkan ini ada yang berseragam lengkap, ada pula yang berpakaian sipil dan membaur dengan tamu dalam acara pelantikan yang bakal digelar di Gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura Surabaya.

"Totalnya, ada tiga ribu personel yang kita kerahkan untuk pengamanan pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Jatim," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono, Jumat (7/2/2014).

Disampaikan, tiga ribu personel itu merupakan gabungan dari Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya. "Polrestabes yang lebih dikedepankan. Polda Jatim hanya mem-back up saja. Jadi, strategi pengamanan dan sebagainya, lebih banyak dilakukan oleh Polrestabes Surabaya," sambung Awi.

Mengenai potensi kerawanan, mantan Wadirlantas Polda Jatim ini mengakui bahwa ada potensi cukup tinggi. Mengingat, sejak beberapa waktu lalu sudah ada beberapa upaya untuk menggagalkan pelantikan.

Bahkan, isu-isu terkait pelantikan, ancaman keamanan, dan sebagainya, dari penelusuran Polda Jatim, memang selama sudah banyak bermunculan.

"Tapi, kita terus melakukan antisipasi untuk melakukan pengamanan. Tujuannya, supaya pelantikan berjalan lancar dan aman, tanpa ada gangguan apapun," imbuhnya.

Jika sampai ada gangguan keamanan atau upaya penggagalan pelantikan ini, pihak Polda Jatim juga mengaku siap mengatasinya. (M Taufik)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com