Minggu, 26 Oktober 2014

News / Regional

Status Gunung Kelud Naik Jadi "Waspada"

Minggu, 2 Februari 2014 | 14:44 WIB
KEDIRI, KOMPAS.com - Status Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, meningkat satu level dari normal aktif menjadi waspada. Radius 2 kilometer dari lokasi gunung saat ini dikosongkan.

"Gunung Kelud per pagi hari ini dinaikkan statusnya menjadi waspada," kata Khoirul Huda, Kepala Pos Pantau Gunung Kelud, Minggu (2/2/2014).

Implikasi peningkatan status itu, kata Khoirul, adalah rekomendasi sterilisasi wilayah dari aktivitas warga. "Dengan rekomendasi pengosongan radius 2 kilometer," imbuhnya.

Pelaksana Teknis Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Kediri, Edy Purwanto mengatakan, pascaadanya peningkatan itu, pihaknya segera menindaklanjuti dengan menutup pintu gerbang menuju kawasan Kelud.

"Kita sudah menutup gerbang dalam radius dua kilometer," kata Edy.

Selama ini, kata Edy, dalam radius dua kilometer itu tidak ada permukiman penduduk. Aktivitas yang ada rata-rata para pengunjung wisata Gunung Kelud.

Sementara itu, Gunung Kelud mempunyai ketinggian 1.731 meter dan termasuk gunung berapi. Posisinya berada di perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar, Malang. Dalam aktivitas terakhir pada 2007 silam, danau kawah berubah seiring munculnya kubah lava. 

Penulis: Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim
Editor : Glori K. Wadrianto