Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji Dipotong, Ratusan Petugas Damkar Unjuk Rasa

Kompas.com - 20/01/2014, 13:16 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis


BONE, KOMPAS.com - Ratusan petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, menggelar unjuk rasa untuk menuntut penjelasan dari pimpinan mereka terkait pemotongan gaji, Senin (20/1/2014).

Unjuk rasa yang digelar sekira pukul 09.00 Wita di kantor Dinas Damkar, Jalan MH Thamrin, Kelurahan Ta, Kecamatan Taneteriattang ini dilakukan setelah para petugas menemukan Surat Keputusan (SK) Bupati yang diterbitkan sejak November 2013 lalu.

Di dalam SK tersebut disebutkan bahwa gaji tenaga honorer Damkar berjumlah Rp 800.000 ditambah uang konsumsi sebanyak Rp 300.000 per bulan. Namun, kenyataannya sejak tiga bulan terakhir tenaga honorer mengaku hanya menerima upah dengan total Rp 950.000.

"Semestinya kan kami terima satu juta tapi dipotong Rp 50.000 per orang kita tanya peruntukannya tapi tidak jelas juga untuk apa," kata Aan, koordinasi aksi.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, keseluruhan tenaga honorer di dinas Damkar berjumlah 203 orang.

Sementara pihak Damkar yang dikonfirmasi terkait dengan aksi bawahannya ini malah saling melempar tanggung jawab.

"Saya tanya dulu bendahara karena saya baru menjabat ini," kata Anas, Pelaksana Tugas Harian (PLH) Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bone.

Para petugas Damkar mengaku akan melakukan mogok massal jika pihak Damkar tak memberikan penjelasan terkait dengan pemotongan upah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com