Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihadang Pakai Senjata Tajam, Sembilan Rumah Batal Dieksekusi

Kompas.com - 15/01/2014, 12:52 WIB
Kontributor Makassar, Rini Putri

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak sembilan rumah warga yang terletak di Kampung Tala-tala, Desa Bontoloe, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan yang rencananya, Rabu (15/1/2014) pagi dieksekusi oleh tim eksekutor dari Pengadilan Negeri (PN) Takalar, lagi-lagi batal dilakukan.

Pantauan di tempat kejadian, batalnya eksekusi itu lantaran puluhan warga yang rumahnya akan dieksekusi tengah bersiap menghalau tim eksekutor dengan menggunakan berbagai senjata tajam seperti parang dan sabit.

"Hari ini memang rencana akan dieksekusi, tetapi melihat kondisi di lapangan tidak memungkinkan sehingga kami pihak keamanan meminta kepada tim eksekutor untuk membatalkan eksekusi," ungkap Kepala Polsek Galesong, AKP Nur Alam.

Seorang warga yang rumahnya akan dieksekusi, Mira (30), mengaku bersama keluarganya yang lain akan tetap mempertahankan rumah yang ditempatinya sudah puluhan tahun.

Menurut Mira, Jumaling yang masih memiliki hubungan keluarga itu mengggugat tanah mereka tanpa memilik surat-surat kepemilikan atas tanah tersebut. "Kami lengkap surat-suratnya, bahkan setiap tahun kami membayar PBB. Kami tetap mempertahankan tanah nenek kami yang telah kami tinggali sejak puluhan tahun," ujar Mira.

Sementara itu, saat akan dikonfirmasi terkait kasus tanah tersebut, keluarga Jumaling enggan dimintai keterangannya, dengan alasan sedang melakukan rapat tertutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com